Jumat, 15 April 2016

Landasan Psikologi Pendidikan

Landasan Psikologi Pendidikan
a.       Pengertian Landasan Psikologi
Psikologi berasal dari bahasa Yunani, psyche yang berarti jiwa, roh atau sukma, sedangkan logi berarti ilmu atau pengetahuan psikologi dapat diartikan ilmu tentang jiwa atau ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan.
b.      Pengertian  Psikologi Pendidikan
Psikologi pendidikan mengkaji karakteristik perilaku individu pada tahap-tahap perkembangan serta pola perkembangan individu.
c.       Tahap-tahap perkembangan peserta didik  (Yelon dan Weinstein (1977)

1.      Perkembangan individu berlangsung terus menerus sejak pembuahan hingga meninggal dunia
2.      Kecepatan perkembangan yang berbeda
3.      aspek perkembangan yang bersifat fisik, sosial, mental dan emosional
4.      perkembangan individu dapat diramalkan.

d.      Pokok-pokok Pembahasan Psikologi Pendidikan
1)      Pengetahuan tentang psikologi pendidikan
2)      Pentingnya psikologi pendidikan
3)      Hereditas
4)      Lingkungan Fisiologis
5)      Pertumbuhan dan perkembangan
6)      Sifat dan hakikat kejiwaan manusia
7)      Proses-proses tingkah laku
8)      Hakikat dan ruang lingkup belajar
9)      Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar.
10)  Prinsip-prinsip dan teori-teori belajar
11)  Pengukuran dan evaluasi hasil belajar
12)  Transfer belajar/latihan
13)  Teknik-teknik pengukuran dan evaluasi
14)  Statistik dasar
15)  Kesehatan mental
16)  Pendidikan watak
17)  Psikologi pendidikan dalam metodologi pengajaran moderen

e.       Psikologi Perkembangan (Rouseau)
1.      Masa bayi dari 0 – 2 tahun,
2.      Masa anak dari 2 – 12 tahun,
3.      Masa pubertas 12 – 15 tahun,
4.      Masa adolesen dari 15 – 25 tahun


Tidak ada komentar:

Posting Komentar